INSPIRASI INVESTASI

SRI MULYANI - "BERANI MENCOBA ADALAH KUNCI SUKSES BAGI SRI MULYANI"

Salah satu wanita paling berpengaruh di Indonesia dan ke-38 di dunia menurut majalah Forbes thn 2014, dialah Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati). Beliau lahir di Bandar Lampung tgl 26 Agustus 1962 & mendapatkan gelarnya dari UI thn 1986. Ia kemudian memperoleh gelar Master & Doctor di bidang ekonomi dari University Illinois at Urbana-Champaign pd 1992. Sri Mulyani ditunjuk menjadi MenKeu pd thn 2005 bersama kebijakan pertamanya memecat petugas korup di lingkungan departemen keuangan. Selama masa jabatannya thn 2007, Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 6,6%, tertinggi sejak krisis finansial di Asia thn 1997.

Pd tgl 5 Mei 2010, Sri Mulyani ditunjuk menjadi salah satu dari tiga Direktur Pelaksana Bank Dunia. Hal ini membuat Beliau sebagai wanita & orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Wow! Namun pengunduran dirinya dari Menteri Keuangan ternyata berdampak negatif pada situasi ekonomi di Indonesia seperti stock exchange yang menurun sebesar 3.8%. Nilai rupiah turun hampir 1% dibandingkan dollar. Merupakan penurunan saham Indonesia yang paling tajam dalam 17 bulan.

Namun pd 27 Juli 2016, Sri Mulyani dipulangkan oleh Presiden Joko Widodo utk kembali menjadi MenKeu. Kembalinya Sri Mulyani merupakan kejutan bagi banyak pihak dan dianggap sebagai salah satu langkah terbaik yang pernah diambil oleh Joko Widodo selama dia menjabat, utk meneruskan program Amnesti Pajak yg dimulai sejak 1 Juli 2016.

Apa yang dicapai Beliau skrg bkn semata-mata jatuh dr langit, melainkan melalui usaha keras, kejujuran dan ketegasannya, karena menurut Beliau, "Tanggung jawab adalah hal yang harus dipenuhi!" Bahkan pd thn 2008, Beliau tetap memimpin rapat bersama pelaku usaha dan emiten secara profesional meskipun saat itu sang Ibu dlm kondisi kritis di rumah sakit.

Sri Mulyani mengatakan bahwa ada 5 hal anggapan yg salah & harus dijauhi oleh generasi muda. Anggapan "Saya tidak Pandai", "Saya tidak Berbakat", "Saya tidak Cantik/Tampan", "Saya kurang Beruntung", & "Saya tidak Kaya", karena pada hakekatnya kita diciptakan baik & punya banyak talenta, berani untuk belajar & mencoba. #SriMulyani #tokoh #SekarangWaktunya #YukNabungSaham

RELATED STORIES