INSPIRASI INVESTASI

Ryan Filbert - "Mulai Dini untuk Panen Jangka Panjang"

“Kalau misalnya ada mesin waktu yang memutar kesempatan kita dalam berinvestasi…”

Pada tahun 2006, ada seorang Pelaku Pasar yang membeli sebuah saham telekomunikasi besar di Indonesia bernama PT Telekomunikasi Indonesia atau TLKM secara rajin dan disiplin. Tiap awal bulan, ia membeli sebanyak 1 lot atau 100 lembar tanpa mempedulikan saham TLKM sedang naik atau turun. Maka setelah 10 tahun, ia telah melakukan pembelian berkala sebanyak 120 kali.

Dalam kurun waktu tersebut, si Pelaku Pasar tersebut memiliki histori keuangan sebagai berikut:

  • Pernah hanya mengeluarkan dana sebesar Rp110.000,00 di salah satu bulan.
  • Pernah mengeluarkan dana terbesar senilai Rp286.500,00 untuk membeli 1 lot saham TLKM.
  • Rata-rata dalam 120 kali pembelian telah mengeluarkan uang Rp 185.237,00 untuk 1 lot TLKM.

Apa yang terjadi setelah 10 tahun berlalu terhadap ‘tabungan investasi sahamnya’? Si Pelaku Pasar itu akhirnya mencairkannya pada penghujung tahun 2016 dengan hasil Rp52.560.000,00.

Apakah hasil tabungannya tergolong besar? Tentu jawabannya tidak diketahui bila kita tidak mengetahui modal yang dikeluarkan selama 10 tahun ini.

Selama 10 tahun bila diakumulasi maka total pembelian saham TLKM-nya adalah sebesar Rp17.968.000,00! Si Pelaku Pasar dapat dikatakan meraup untung lebih dari Rp 30 juta. Belum lagi, si Pelaku Pasar mendapatkan pembagian dividen dari perusahaan sebesar Rp16.129.496,00. Untung yang didapat pun berlipat ganda.

Anda telah melihat manfaat dari menabung saham, tetapi kemudian Anda bertanya, yang manakah saham terbaik untuk dipilih? Ada dua versi yang sering saya gunakan. Pertama, dari saham-saham yang diperdagangkan, carilah saham dari perusahaan yang kuat di Indonesia. Kedua, incarlah saham-saham yang teratur dalam pembagian keuntungan perusahaan atau dividen.

Dalam buku ‘Yuk Belajar Nabung Saham’, saya melampirkan 23 pilihan saham perusahaan besar Indonesia yang prospketif untuk Anda lirik. Lagipula saat ini, Indonesia adalah pilihan yang tepat untuk berinvestasi karena Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia memiliki pertumbuhan yang jauh melampaui indeks negara lainnya di Asia Tenggara. 

By Ryan Filbert

Praktisi dan Inspirator Investasi No. 1 di Indonesia

Penulis Buku Investasi Best Seller

Penghargaan ‘Tokoh Inspiratif Pasar Modal’ oleh Presiden Joko Widodo, 13 Januari 2017

RELATED STORIES