INSPIRASI INVESTASI

Rudiyanto - "Menjadi Investor Reksa Dana yang Sukses"

“Fit Focus Finish” bukanlah judul yang umum untuk kategori buku investasi. Judul buku ini merupakan tagline dalam salah satu event lari yang penulis ikuti beberapa tahun yang lalu.

Tagline tersebut dijadikan sebagai judul buku karena menurut penulis antara event lari dan investasi reksa dana memiliki kesamaan. Untuk mencapai tujuan (finish) dalam suatu kegiatan lari, tidak cukup hanya lari sekadarnya, melainkan butuh persiapan (fit) dan fokus yang mumpuni.

Berinvestasi di reksa dana juga demikian. Untuk mencapai tujuan dalam investasi reksa dana, terkadang kita dihadapkan pada berbagai kendala mulai dari terlalu banyak jenis reksa dana yang harus menjadi pilihan sehingga membingungkan, ekspektasi berlebihan yang berujung kecewa, hingga pada kinerja produk dan pasar yang kurang baik. Ternyata ada saja kasus di mana seseorang sudah berinvestasi selama 2-3 tahun secara disiplin dan berkala, tetapi hasilnya tidak sesuai harapan bahkan merugi.

Untuk bisa tetap fokus pada tujuan investasi dalam segala kondisi tersebut, dibutuhkan pemahaman. Pada mulanya, investor sebaiknya memiliki ekspektasi yang wajar ketika melakukan investasi baik saham, obligasi, maupun reksa dana. Ada asumsi khusus yang harus diterapkan untuk tiap produk tersebut. Bahkan untuk menentukan asumsi return yang wajar dari reksa dana saham dan pendapatan tetap berbeda dengan reksa dana campuran.

Selanjutnya, investor perlu memahami cara kerja pasar, cara dan pendekatan yang digunakan manajer investasi dalam mengelola reksa dana, serta yang paling penting memahami bahwa risiko ada. Ini penting sebelum Anda menerapkan strategi tertentu dalam investasi Anda. Setelah itu, Anda bisa bergerak untuk memahami antara saham Blue Chip atau Second Liner atau mengenal lebih jauh reksa dana Trillion Club dan Billion Club. Dalam menerapkan strategi, Anda juga perlu menguji akurasi market timing.

Buku “Fit Focus Finish” menyajikan pembahasan setiap strategi bahkan membantu Anda menentukan jumlah kepemilikan reksa dana saham yang ideal. Dilengkapi dengan data historis dan panduan analisis teknikal buku ini cocok dibaca investor maupun calon investor untuk mencapai tujuan keuangannya.

By Rudiyanto

Praktisi Reksa Dana dari Panin Asset Management

RELATED STORIES