INSPIRASI INVESTASI

Nicky Hogan - "Mulai dari Kemauan Anda"

Menjadi investor bukanlah suatu pilihan, menjadi investor adalah suatu kebutuhan. Karena itulah "Yuk Nabung Saham" meluncur.

Kok nabung? Karena memang uang kita ditabungkan, dalam bentuk saham. Pertanyaan lainnya adalah menabung kan tidak pernah berisiko rugi? Menabung uang di bank tidak akan pernah mengurangi saldo uang kita (itu kalau kita abaikan biaya administrasi), tetapi tambahan "nilai" uang kita acap kali lebih rendah dari penurunan "nilai" uang kita, akibat inflasi bertahun-tahun.

Ajakan Yuk Nabung Saham ditujukan untuk kita membeli saham (baca: menjadi pemilik perusahaan) secara berkala dan dengan orientasi jangka panjang. Karena setiap dari kita berhak menjadi sejahtera di negara kita sendiri.

Jangan pernah mencampuradukkan pemikiran mengenai investasi dan spekulasi, seperti juga halnya jangan pernah mencampuradukkan dana untuk investasi dan dana untuk spekulasi. Jangan sampai terjadi—dan ini malah sering terjadi—mereka berspekulasi saat mereka menyangka bahwa mereka sedang berinvestasi.

Kemajuan teknologi telah membukakan pintu untuk kita merasakan begitu banyak manfaatnya. Di pasar modal, bahkan pintu yang dibukakan adalah untuk peningkatan kesejahteraan kita, untuk masa depan kita. Bahkan untuk anak cucu kita. Jangan sia-siakan manfaat teknologi yang satu ini. Jangan katakan lagi investasi itu njlimet, investasi itu mahal, investasi itu tidak menjangkau Anda, investasi itu spekulatif. Yang dibutuhkan hanya kemauan Anda saja. Itu saja.

By Nicky Hogan

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (2015-2018)

RELATED STORIES