INSPIRASI INVESTASI

Jack Ma – “Menyerah adalah kegagalan nyata dan terbesar dari semuanya”

Ma Yun yang biasa kita kenal dengan Jack Ma, lahir di Hangzhou, 10 Sept 1964, lahir dari keluarga miskin, dimana orangtuanya adalah pemusik dan pendongeng tradisional. Dari SD s/d SMA, Ma tidak pintar dalam akademis, ditolak di 3 univ. sebelum akhirnya berlabuh di Hangzhou Normal University. Di umur 12 tahun, ia tertarik dengan ystem inggris dan menghampiri hotel-hotel yang dihuni oleh turis asing untuk menawarkan menjadi pemandu turis GRATIS! Setelah lulus, ia melamar di perusahaan-perusahaan ternama, tetapi hanya sebuah universitas yste yang mau menerimanya mengajar ystem Inggris dengan bayaran sekitar 12-15 Dollar AS per bulan. Ma pun ditolak bekerja di KFC ketika membuka gerai pertamanya di China dan gagal menjadi polisi karena tubuhnya yang mungil.

Akhirnya Ma mendapat sahabat dari pekerjaannya sebagai pemandu turis dimana memberikan kesempatan untuk berkunjung ke Amerika Serikat pada tahun 1995. Disana Ma mengenal ystem r dan internet. Pertama kali ia mencari bir melalui internet, tetapi hanya bir Tiongkok yang tidak dalam situs itu. Ma pun terinspirasi membuat situs yang memberikan informasi mengenai produk China. Pada 1999, bersama rekannya, ia merintis situs bernama Alibaba, yang mempertemukan pembeli dan penjual produk di seluruh dunia. Belajar dari situs lelang e-Bay, ia mendirikan Taobao. Ma sempat menawarkan jasa Alibaba kepada perusahaan mapan, tetapi malah ditertawakan. Ia lantas menengok banyak perusahaan skala menengah dan kecil yang tidak punya kesempatan mengikuti pameran internasional. Ma dan rekannya menciptakan ystem pembayaran lewat situs Alipay.

Alibaba menawarkan saham perdana di Bursa Saham New York pada Sept 2014 dan meraih modal terbesar dalam sejarah. Sejak 2008, Ma punya kekayaan senilai 27.4 miliar dollar AS, nomor dua terkaya di Tiongkok dan masuk dalam daftar warga terkaya dunia urutan ke-26 berdasarkan majalah Forbes. Ia berpesan, anak muda jangan pernah berhenti mencoba, jangan mengeluh. ”Sebab, kita hidup di era dengan kesempatan besar.” Jangan pernah takut untuk mengalami kegagalan karena dari situ kamu belajar. Ma juga berkata “Kalau umur 30 tahun anda masih miskin, itu salah anda.”

RELATED STORIES