INSPIRASI INVESTASI

INVESTORY - SARI ARDISA

”Investasi saham pun terbilang cukup aman, meskipun tetap ada resiko namun tidak terlalu besar" – Sari Ardisa @sariardisa

Investasi saham, pasti kalian pernah kan mendengarnya. Tapi kalian sendiri tau ngga sih apa itu investasi saham? Pasti dari kalian banyak juga yang bertanya-tanya, apa sih keuntungannya? Aman ngga? Pasti gede deh modalnya? Takut ah, besar ya resiko nya? Atau mungkin dari kalian ada yang tertarik untuk ber-investasi saham tapi ga tau gimana caranya?

Jangankan kalian, dulu aku pun punya sangat banyak pertanyaan mengenai investasi saham.

Namun setelah aku mendapat sedikit edukasi mengenai investasi saham dari tim Indonesia Stock Exchange, akhirnya terjawablah semua pertanyaan-pertanyaanku. Aku baru tahu kalau ternyata investasi saham itu mudah, menguntungkan, ngga ribet, ngga perlu modal gede, dan bagus banget untuk jangka panjang dan masa depan.

Jadi yang dimaksud dengan investasi saham artinya kita berinvestasi dengan membeli sebagian saham dari perusahaan yang kita inginkan. Lalu nilai saham yang kita beli akan beriringan mengikuti nilai dari perusahaan tersebut. Tentu pastinya akan ada fluktuasi, ketidaktetapan atau naik turunnya harga nilai saham yang kita miliki. Namun dengan adanya inflasi atau kenaikan harga barang yang secara terus menerus dengan seiring berjalannya waktu tentunya nilai saham yang kita miliki pun akan terus meningkat. Tapi tentunya tidak dalam waktu yang singkat. Maka investasi saham terbilang cukup baik untuk investasi jangka panjang.

Investasi saham pun terbilang cukup aman, meskipun tetap ada resiko namun tidak terlalu besar. Jadi kita juga harus lebih cermat dalam memilih perusahaan yang akan kita beli sahamnya, ada beberapa penilaian atau analisa untuk menentukan bagus atau tidaknya saham dari perusahaan tersebut untuk dibeli.

Nah membeli saham juga harus melalui perusahaan sekuritas yang tepat, jangan sampai kita tertipu atau menggunakan jasa sekuritas tanpa izin alias bodong. Ada beberapa perusahaan sekuritas resmi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan pilihanku jatuh kepada Phillip Sekuritas Indonesia, salah satu perusahaan sekuritas yang aman dan terpercaya.

Modal yang dibutuhkan pun juga tidak terlalu  besar, hanya bermodalkan 100ribu rupiah kalian sudah bisa berinvestasi saham, tergantung dari harga saham perusahaan yang ingin kalian beli.

Cara berinvestasi saham pun terbilang cukup mudah, hampir semua orang bisa melakukannya. Kamu hanya perlu membuat rekening atas nama kamu sendiri melalui Perusahaan Sekuritas yang kamu tentukan, dan beli saham yang kamu inginkan melalui aplikasi yang tersedia. Gampang banget kan? Kamu bisa akses kapan aja dan dimana aja kamu mau, hanya dengan menggunakan laptop atau smartphone-mu. Nah khusus di Phillip Sekuritas Indonesia, punya aplikasi online trading namannya POEMS ID, aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android.

Di dalam POEMS ID ada banyak fitur cerdas, yang pertama SmartPlan yaitu fitur cerdas untuk nabung saham secara disiplin otomatis, jadi kalian tinggal tentukan saham apa yang mau dibeli, tanggal serta jumlah uang untuk membeli, nanti secara otomatis POEMS ID akan menjalankan pembelian. Ada juga SmartSafe, fitur cerdas yang bakal jadi asisten pribadi kita, jadi kita bisa masukan pembelian dan penjualan saham kapanpun yang kita mau. Buat aku pribadi yang selalu sibuk sama pekerjaan, fitur ini cocok banget karena aku ga perlu terus-terusan ada di depan komputer atau smartphone. Keren ya!! Nah terus kenapa sih kita harus berinvestasi? Jawabannya cukup singkat, ya untuk mempersiapkan masa depan. Apalagi seperti aku yang sekarang sudah menjadi seorang ibu, yang sekarang dibenakku hanya masa depan anak-anakku, hanya ingin yang terbaik untuk mereka. Berinvestasi saham menjadi salah satu usahaku mempersiapkan masa depan yang terbaik untuk mereka. Apalagi dengan profesiku sebagai pilot, ada rasanya keinginan untuk selalu menemani anak di rumah, investasi saham pun bisa menjadi modalku untuk membangun usaha setelah aku tidak berkarir.

Nah sekarang udah ga ada alesan lagi kan untuk bilang investasi saham itu ribet, mahal, makan waktu dan susah. Investasi saham itu mudah, bisa dilakukan kapan aja dimana aja dan tidak butuh modal yang besar.

Yuk kita nabung saham, jangan tunggu tua untuk berinvestasi, berapapun dan sekecil apapun yang sekarang kamu tanam akan berbuah indah nantinya.

Untuk informasi mengenai saham, bisa kalian dapatkan semuanya di website BEI www.idx.co.id atau http://yuknabungsaham.idx.co.id/ atau follow Instagram @indonesiastockexchange dan follow Instagram @Talktophillip untuk informasi mengenai online trading.

VOTE INVESTORY SARI ARDISA DI SINI*

*jika tidak muncul pop up voting, artinya kamu sudah pernah melakukan voting
RELATED STORIES