INSPIRASI INVESTASI

INVESTORY – Reza Pahlevi

”Karena dengan investasi saham, berarti kita sudah mempersiapkan diri kita untuk masa depan yang mandiri secara finansial” – Reza Pahlevi @rezaphlv

Untuk orang Indonesia, saham itu belum terdengar terlalu familiar dan masih banyak yang menganggap transaksi di saham itu adalah hal yang tabu. Apalagi banyak yang beredar di masyarakat itu cuma hal-hal negatifnya. Kaya nasabah yang uangnya habis di market, judi dan sulit.

Padahal tidak seperti itu, coba kalian pahami kalau investasi saham itu aman karena diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mudah karena seperti belanja online, dan murah karena bisa mulai dengan 100ribu rupiah saja. Mau tahu caranya gimana? BEI punya banyak berbagai media edukasi untuk bantu kalian memahami investasi saham, seperti Sekolah Pasar Modal, website dan social media.

Tahun 2011, aku pernah menjadi karyawan di perusahaan yang bertransaksi di mata uang dan komoditas. Dari situ aku juga belajar mengenai investasi saham dan tahu kalau kita investasi saham berarti kita bisa mendapatkan keuntungan di masa depan. Kita bisa pelan pelan belajar untuk bisa mengerti cara memilih saham perusahaan untuk berinvestasi. Caranya gampang! Cari aja perusahaan yang produknya selalu dilihat sehari – hari.

Tau ga sih? Secara ga sadar, dari bangun tidur sampe kita tidur lagi, kita menemui puluhan perusahaan yang sahamnya bisa kita beli. Bangun tidur biasanya kita ngecek hape, saham perusahaan providernya bisa kita beli. Lalu ke kamar mandi, sikat gigi dan mandi, saham perusahaan yang memproduksi pasta gigi dan sabunnya pun kita bisa beli. Lalu berpakaian, saham perusahaan retail yang menjual pakaian kitapun bisa kita beli. Berangkat ke kantor dengan kendaraan pribadi, saham perusahaan kendaraannya bisa kita beli. Sampe ke jalan, perusaahan infrastruktur pembuat jalanannya pun bisa kita beli. Dan seterusnya sampe kita pulang ke rumah lagi kita secara tidak sadar menemui beberapa perusahaan yang kita gunakan jasa dan produknya sehari-hari yang sebenernya kita bisa jadi pemiliknya walaupun hanya beberapa persen dengan cara membeli sahamnya.

Pada tahun 2016, aku datang ke acara BEI yang ngajarin tentang pentingnya investasi, salah satunya investasi saham. Dari situ aku tertarik dan mulai investasi/nabung saham. Saham itu berbeda dengan instrumen investasi lainnya seperti deposito, emas atau properti. Secara rata – rata, saham di BEI bisa memberikan return s.d. 15%, lebih tinggi dibandingkan deposito, emas, dan properti. Selain itu, dengan investasi saham, kita juga turut membantu perusahaan yang sahamnya kita beli berkembang, karena mereka mendapatkan dana dari kita. Kalau perusahaan berkembang, perekonomian Indonesia juga jadi maju.

Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini dimana apapun sudah serba online dan mobile, kita bisa bertransaksi saham dengan mudah via handphone atau gadget sambil melakukan kegiatan lain dan tidak mengganggu aktivitas kita sehari hari. Bisa sambil kuliah, sambil disela-sela kerjaan kantor bahkan bisa sambil traveling kita bisa bertransaksi di saham. Seperti aku, sekarang beli saham untuk investasi melalui aplikasi online trading Simas Mobile dari Sinarmas Sekuritas. Saya sudah membeli saham PT Unilever Indonesia Tbk dengan kode saham UNVR, saham PT BCA Tbk dengan kode saham BBCA yang merupakan bank non BUMN terbesar di Indonesia dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan kode saham JSMR. Saya membeli saham UNVR karena menurut saya produk-produknya yang hampir setiap saat kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, berarti masyarakat percaya dengan produk dari perusahaan tersebut. Alasan tersebut yang membuat Saya yakin untuk membeli saham UNVR.

Sinarmas Sekuritas selain pembukaan rekeningnya cepat, Saya juga sangat terbantu dengan informasi-informasi market yang diberikan setiap hari melalui aplikasi Simas online trading dan email. Oh ya online trading di Sinarmas Sekuritas bukan hanya di mobile saja, tapi juga bisa di gunakan melalui web base dan PC atau Laptop.

Mumpung masih muda, mumpung belun terlambat, ayo kita mulai investasi/nabung saham dari sekarang. Karena dengan investasi saham, berarti kita sudah mempersiapkan diri kita untuk masa depan yang mandiri secara finansial. Siapa sih yang ga mau ketika sudah tua bisa jalan-jalan lagi dari hasil investasi sejak muda atau bisa menyekolahkan anak sampai jenjang master di luar negeri yang katanya butuh dana yang lumayan? Aku sih mau banget, jadi sekarang aku sudah jadi investor saham di Sinarmas Sekuritas.

Yuk mulai investasi/nabung saham!. Untuk info lengkap seputar saham, kunjungi www.idx.co.id atau http://yuknabungsaham.idx.co.id/ atau follow instagram @indonesiastockexchange dan kunjungi www.sinarmassekuritas.co.id untuk informasi mengenai Sinarmas Sekuritas.

VOTE INVESTORY REZA PAHLEVI DI SINI*

*jika tidak muncul pop up voting, artinya kamu sudah pernah melakukan voting
RELATED STORIES