INSPIRASI INVESTASI

INVESTORY – Martin Praja

“Saham bisa menjadi salah satu solusi finansial yang menjanjikan dalam jangka panjang, terutama untuk kaum millennial” – Martin Praja @martinpraja

Waktu terus berjalan maju, begitu juga zaman, teknologi, dan trend. Banyaknya kewirausahaan menjamur di berbagai aspek bidang usaha yang ditekuni oleh generasi millennial dan generasi muda. Keadaan ini membuat saya berfikir bahwa kami, generasi millennial, sudah memiliki kesadaran ekonomi. Meskipun kesadaran ekonomi ini dilatarbelakangi oleh alasan-alasan sebatas trend, hal ini merupakan kemajuan yang positif untuk para generasi muda bahwa genarasi millennial dan generasi muda yang berani berinvestasi dalam bisnis, contohnya saya sendiri yang memiliki usaha restoran.

Dunia bisnis tidak selalu berjalan mulus, apalagi persaingan yang sangat tinggi. Tidak jarang usaha bisnis bangkrut hanya dalam waktu 3-5 tahun saja, contoh restoran atau coffee shop. Kalau tidak gigih dan dan tekun usaha bisnis ini hanya cukup untuk menghidupi kebutuhan ekonomi jangka pendek.

Generasi Millennial merupakan generasi yang cukup aktif pada era digital sekarang. Melihat kebiasaan konsumtif generasi ini, sangat disayangkan jika tidak diimbangi dengan kesadaran akan kesejahteraan masa depan, contohnya bekerja, berbisnis, ataupun investasi.

Alasan-alasan inilah yang seharusnya membuat kita tidak hanya melek investasi di bidang bisnis dan usaha saja, tetapi kita juga harus melek akan instrumen investasi jangka panjang lainnya.

Apa contohnya? Saham! Ya, saham. Mungkin Anda akan berkenyit dan bertanya, memangnya investasi saham itu mudah? Ya, saya mengerti dan awalnya sepaham dengan sebagian besar dari Anda akan beranggapan bahwa investasi saham itu susah dan beresiko tinggi.

Setelah mengikuti “INVEST CAMP” yang diadakan oleh IDX, saya meyakinkan diri untuk memulai investasi saham. Insight yang diberikan ringkas, padat, dan straight to the point dimana saat ini yang dibutuhkan kaum millennial adalah kebiasaan investasi, salah satunya investasi saham.

Tak kenal maka tak sayang! Saya memiliki ketakutan untuk mengenal dengan kata saham, sama seperti sebagian orang awam yang berfikiran bahwa saham itu susah, beresiko tinggi dan membutuhkan uang yang banyak untuk memulainya, namun ternyata ketakutan itu tidak ada yang benar. Seiring saya berkenalan dengan saham, semakin juga saya ingin memulai untuk menabung saham.

Saya mulai memahami betapa pentingnya berinvestasi jangka panjang untuk masa depan. Menabung saham ibarat kita menanam pohon di halaman rumah. Tidak bisa berhenti di fase menanam saja, kita juga harus merawat, menyiram dan memupuknya dengan tekun. Hasilnya memang tidak instan. setelah benih disiram dan dipupuk, benihnya akan bertumbuh menjadi tunas. Memang belum menjadi pohon yang besar ataupun berbuah namun ada faktor eksternal yang juga yang dapat membuat pohon kita tidak tumbuh atau mati.

Peluang kita untuk menabung saham pun masih tergolong sangat besar dibandingkan dengan industri jasa keuangan lainnya di Indonesia. Dikarenakan tingkat pemahaman masyarakat Indonesia terhadap menabung saham sangatlah minim dibandingkan menabung uang di bank. Anda harus memahami bahwa berinvestasi bisa memberikan keuntungan yang baik untuk kita, namun juga tidak menutup kemungkinan kerugian yang kita terima. Sama saja kan dengan menanam benih pohon tadi. Keuntungan yang didapat dari investasi saham perhari-nya mungkin sedikit, sama seperti menanam pohon. Artinya, keuntungan 1 perak setelah kita menabung saham tetap saja merupakan keuntungan. Oleh sebab itu, kesabaran sangat dibutuhkan dalam menabung saham. Untuk menjadi untung dan berkembang apalagi mahir saya kira bukan usaha yang terjadi dalam satu malam saja.

Mencoba menanam benih saham, lambat laun akan memanen buah saham juga (Capital Gain dan Dividen). Kesimpulan saya, saham bisa menjadi salah satu solusi finansial yang menjanjikan dalam jangka panjang, terutama untuk kaum millennial yang notabene memiliki perilaku konsumtif. Mulai membiasakan diri bijaksana dalam penggunaan uang untuk masa depam yang lebih baik.

Untuk transaksi saham, Saya menggunakan aplikasi online trading POEMS milik Phillip Sekuritas. Pertama saya buka rekening di Phillip Sekuritas, kemudian mendapatkan akun untuk login ke aplikasi POEMS dan Saya sudah langsung bisa transaksi dan memantau saham pilihan Saya cukup dengan mengecek di handphone atau smartphone Saya. Aplikasi POEMS milik Phillip Sekuritas ini juga dilengkapi dengan fitur Smartplan, fitur cerdas yang akan secara otomatis mengatur jadwal pembelian saham kita secara disiplin, pas banget untuk nabung saham. Saya mulai membeli saham perusahaan Astra Agro Lestari, Tbk dan Sentul City, Tbk. Alasan saya membeli saham perusahaan tersebut dikarenakan saya percaya bahwa perusahaan tersebut masih mampu bertahan di jangka waktu yang cukup lama.

Untuk informasi mengenai saham, bisa kalian dapatkan semuanya di website BEI www.idx.co.id atau http://yuknabungsaham.idx.co.id/ atau follow Instagram @indonesiastockexchange dan follow Instagram @Talktophillip untuk informasi mengenai online trading.

VOTE INVESTORY MARTIN PRAJA DI SINI*

*jika tidak muncul pop up voting, artinya kamu sudah pernah melakukan voting
RELATED STORIES