INSPIRASI INVESTASI

INVESTORY – Marco Ivanos

“Dengan investasi saham, keuntungannya mungkin tidak langsung dirasakan sekarang, tapi nanti di masa depan” – Marco Ivanos @marcoivanos12

Saya, seperti kebanyakan orang pada umumnya, dari baru lahir sampai awal masuk kuliah selalu mengandalkan uang orang tua, tenaga orang tua, semuanya berasal dari orang tua.

Saat masuk kuliah pun seperti itu, karena saya masuk disalah satu perguruan tinggi swasta yang lumayan terkenal, dan jurusan yang terkenal ‘boros’ pula, jadi kedua orang tua saya harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk membiayai kehidupan saya, dan, saya juga mempunyai seorang adik laki-laki, umurnya 3 tahun di bawah saya.

Kedua orang tua saya sudah bercerai di tahun 2004, saya tinggal dengan ibu saya, seorang pekerja keras yang sangat peduli pada anaknya, tapi tidak dirinya sendiri, selalu mementingkan kepentingan kami daripada dirinya.

Ayah saya pun, walaupun tidak tinggal bersama lagi, dia masih sering datang kerumah kami untuk bermain, memberi uang dan lain sebagainya, kehidupan menyenangkan.

Sampai pada tahun 2014 ibu saya meninggal dunia, dan keuangan ayah saya juga sedang tidak baik, saya sebagai anak pertama tentu merasa berat untuk meminta biaya kuliah, uang semester, uang tugas, print, uang kos-kosan, uang makan dan lain-lain.

Setiap saya meminta uang kepada ayah saya, dia sering menjawab dengan “Nanti ya, tunggu dulu papah usahakan secepatnya”.

Dari situ saya merasa bahwa saya sudah tidak boleh merepotkan ayah saya lebih dari ini, akhirnya saya memutuskan untuk menunda kuliah, mencari pekerjaan sementara, agar saya tidak terlalu banyak meminta.

Setelah mendapatkan tempat magang yang lumayan, dan gaji yang lumayan juga untuk seorang pemagang, saya terus melanjutkan hidup di kos selama 2 tahun, ayah saya pun terkadang masih mengirimkan uang, jadi itu juga membantu untuk melanjutkan hidup.

Kehidupan yang saya jalani bisa dibilang terlalu mewah untuk keadaan saya waktu itu, gym, kos-kosan ber-AC yang sangat nyaman dan bisa dibilang tidak murah, karena itu saya berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankan itu, karena saya tahu saya ini sebenarnya ‘manja’ ke diri sendiri.

Sampai akhirnya saya mampu membeli sebuah handphone murah, dan memulai bermain social media, yang tadinya saya fikir tidak akan ada pengaruhnya sama sekali dalam kehidupan saya, sampai sekarang sumber pendapatan saya kebanyakan dari situ.

Walaupun keuangan ayah saya sudah jauh membaik, saya sudah tidak ingin meminta dari beliau, karena mungkin yang ada dipikiran saya adalah, jika saya kembali meminta, apakah saya dapat dikatakan berhasil? Sering ayah saya bertanya “kamu butuh uang tidak?” saya selalu menjawab “tidak” karena saya tidak ingin memberinya beban itu kembali.

Sampai sekarang saya masih terus berfikir untuk menjadi lebih baik, setidaknya saya ingin ayah saya berhenti bekerja, dan biar saya yang menghidupi beliau, yang sebenarnya agak mustahil karena beliau ini pekerja keras, tapi itulah mimpi saya.

Dan yang terjadi sekarang adalah, saya mengenal banyak orang dari social media, pekerjaan dari social media, lalu saya mengetahui tentang Bursa Efek Indonesia dan investasi/nabung saham, yang mungkin sebagian orang takut dengan istilah saham, tapi setelah saya pelajari, investasi saham justru investasi yang menguntungkan bagi saya dimasa depan.

Investasi saham itu mudah, cukup buka rekening saham di perusahaan sekuritas. Kalau saya pilih PT Danareksa Sekuritas karena sebagai anak perusahaan BUMN pastinya lebih aman buat saya dan fasilitas online trading-nya yang mudah digunakan, cukup login di aplikasi online trading D’one Next-G milik PT Danareksa Sekuritas melalui handphone, dan langsung pilih saham yang mau dibeli lalu set harga beli nya. Menurut saya, pilihlah saham yang aman. Saat ini saya investasi saham PT Asta Agro Lestasi Tbk (AALI) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Dengan investasi saham, keuntungannya mungkin tidak langsung dirasakan sekarang, tapi nanti di masa depan. Saya sudah mulai investasi saham, kalian juga ya!

Untuk informasi mengenai saham, kalian bisa dapatkan semuanya di website BEI www.idx.co.id atau http://yuknabungsaham.idx.co.id/ atau follow Instagram @indonesiastockexchange dan di website PT Danareksa Sekuritas http://dmia.danareksaonline.com/ atau follow Instagram @danareksaonline..

VOTE INVESTORY MARCO IVANOS DI SINI*

*jika tidak muncul pop up voting, artinya kamu sudah pernah melakukan voting
RELATED STORIES