INSPIRASI INVESTASI

INVESTORY – M. Putra Setia

“Kita harus cermat dalam memilih perusahaan yang akan kita beli sahamnya, saya memilih sebuah perusahaan yang sudah jelas memiliki produk yang sangat berguna bagi para konsumennya, dan bahkan bagi negara karena mampu membuat pendapatan negara ikut meningkat” – M. Putra Setia @mputrasetia

Investasi merupakan suatu hal yang terkadang masih diabaikan, bagaimana tidak, nilai uang yang begitu besar seakan menjadi salah satu syarat keharusan untuk berinvestasi. Selain itu apabila mereka mendengar kata "investasi" yang langsung terpikir di benak kebanyakan dari mereka adalah tanah, emas, dan properti.

Padahal selain tanah, emas, dan properti ada satu investasi yang caranya sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang besar, dan investasi tersebut adalah investasi/nabung saham. Dulu, saya juga mengganggap "investasi saham" sebagai sesuatu yang sangat saya hindari sekali. Namun setelah saya mempelajari lebih lanjut, ternyata dengan uang yang sedikit saja, kita sudah bisa berinvestasi saham buat masa depan loh!.

Pada dasarnya dari diri saya sendiri, saya berinvestasi itu untuk merasa lebih aman, karena namanya manusia pasti akan mengalami suatu masa yang mungkin sedang pada kondisi paling bawah. Di sini lah saya merasa investasi adalah sebuah keharusan, apapun bentuknya! Atau paling tidak kalau saya belum membutuhkannya, kelak bisa digunakan untuk anak - anak saya nanti. Dan ternyata setelah saya pelajari lebih lanjut investasi saham bisa menjadi sangat bermanfaat dan bernilai sangat tinggi apabila kita cermat dalam melakukannya.

Dalam hidup, saya mempunyai satu prinsip yang berlaku dalam segala hal, yakni "apabila niat kita baik, maka InshaAllah hasilnya juga akan baik". Nah ini bisa saya terapkan di dalam investasi saham yang sudah saya lakukan. Karena niat baik kita bukan hanya bisa ditujukan untuk kita sendiri ataupun keluarga kita sendiri, melainkan untuk orang lain juga. Mengapa demikian? Karena dengan kita investasi/nabung saham, kita ikut membantu keuangan di sebuah perusahaan yang kita beli sahamnya. Dengan dana yang cukup dan keuangan yang baik, maka perusahaan tersebut juga bisa berjalan dengan baik, karyawan-karyawan dari perusahaan tersebut juga akan terpenuhi kebutuhannya, dan perusahaan yang memiliki produk yang berguna juga akan sangat bermanfaat untuk masyarakat loh! Lalu dana investasi kita melalui saham perusahaan tersebut juga ikut berkembang. Keren bukan?.

Tapi kita harus cermat dalam memilih perusahaan yang akan kita beli sahamnya, saya memilih sebuah perusahaan yang sudah jelas memiliki produk yang sangat berguna bagi para konsumennya, dan bahkan bagi negara karena mampu membuat pendapatan negara ikut meningkat dengan ekspornya! Dan pilihan perusahaan saya pun yang punya kaitan erat dengan pengalaman saya yang pernah berada di masa - masa yang cukup sulit, yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) yang merupakan holding company dari perusahaan yang  memproduksi Indomie!

Siapa sih yang tidak tau Indomie? Yes, Indomie punya kaitan yang cukup erat dengan masa kecil saya dan juga masa -masa yang pernah saya lalui. Salah satunya adalah peran Indomie dalam membantu saya menjalani masa - masa sulit saya pada saat kuliah dulu, dimana keuangan merupakan hal yang sangat kritis pada waktu itu, dan dengan adanya indomie, saya mampu bertahan menjalani masa-masa sulit itu dan bahkan saya bisa menjadi seperti sekarang ini. Walaupun kalimat tersebut agak hiperbola, tetapi saya sungguh-sungguh mengalaminya dan dulu sempat dalam hati terpikir "pasti orang - orang yang berada di belakang produk Indomie ini sangat berpahala sekali ya", bagaimana tidak, Indomie ini sudah banyak menolong teman-teman seperjuangan saya. Bahkan saya yakin indomie juga sudah menolong banyak orang di seluruh Indonesia! Hal inilah yang mampu memunculkan pikiran di benak saya bahwa orang-orang yang berada di balik pembuatan Indomie merupakan orang-orang yang sangat luar biasa. Dan Alhamdulillah saya sekarang juga bisa menjadi bagian kecil dari Indomie dengan cara ikut membeli saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) untuk investasi, perusahaan yang merupakan holding company dari perusahaan yang menciptakan produk Indomie. Karena dengan kita membeli saham tersebut, berapapun jumlahnya kita resmi menjadi salah satu pemilik perusahaan tersebut!

Jadi dengan segala macam kebaikan perusahaan INDF, saya yakin kedepannya, perusahaan tersebut akan terus bertambah maju. Dan dengan saya investasi/nabung saham INDF tersebut, saya yakin, walaupun dengan nilai yang bisa dibilang tidak terlalu besar, kelak di masa depan nanti nilai investasi saham saya bisa bertambah berkali - kali lipat dan berguna untuk rencana masa depan saya bersama istri, Dwi Handayani, serta anak - anak saya.

Saya buka rekening investasi saham di PT Sinarmas Sekuritas dikarenakan proses pembukaan rekeningnya yang sangat cepat dan untuk transaksi sahamnya pakai Simas Mobile, Online Trading Apps milik PT Sinarmas Sekuritas. Melalui aplikasi Simas mobile kalian bisa mendapatkan informasi-informasi mengenai market yang dikirimkan setiap harinya. Sekarang saya bisa lihat nilai investasi saya cukup melalui aplikasi Simas Mobile di handphone. Saya sudah Investasi/Nabung Saham? Kalau kalian kapan? Tunggu apalagi, yuk nabung saham!

Untuk informasi mengenai saham, bisa kalian dapatkan semuanya di website BEI www.idx.co.id atau http://yuknabungsaham.idx.co.id/ atau follow Instagram @indonesiastockexchange dan kunjungi www.sinarmassekuritas.co.id untuk informasi mengenai Sinarmas Sekuritas.

VOTE INVESTORY M. PUTRA SETIA DI SINI*

*jika tidak muncul pop up voting, artinya kamu sudah pernah melakukan voting
RELATED STORIES