INSPIRASI INVESTASI

INVESTORY – Jasmine Nadiko

“Ketidakpastian di masa depan membuatku harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, salah satunya investasi saham sejak dini” – Jasmine Nadiko @jasminenadiko

Apa itu investasi saham? Yap, sebagian besar orang mungkin masih belum memahami apa itu investasi saham, begitupun aku sendiri.

Saham adalah tanda kepemilikan seseorang terhadap sebuah perusahaan, jadi dengan investasi saham, berarti kita menanamkan dana kita kepada sebuah perusahaan dan kita menjadi salah satu pemilik perusahaan tersebut. Keren! Lalu, modal untuk investasi saham cukup terjangkau kok, mulai dari Rp100.000,- saja kita sudah bisa investasi saham untuk jangka panjang masa depan kita. Bayangin, kalau investasi emas atau tanah, harganya sendiri belum tentu semua orang bisa beli/bayar kan?.

Selain itu, investasi saham itu penting karena bisa memperbaiki ekonomi kita sendiri/secara individual dan juga bisa memperbaiki ekonomi secara merata di Indonesia.

Aku mulai investasi saham mulai dari sekarang. Kenapa sih? Sudah rahasia umum kan kalau biaya untuk kehidupan sehari-hari semakin melonjak tinggi. Iya, ada inflasi!, jadi kebutuhan kita baik primer ataupun sekunder selalu naik. Belum lagi kita pasti akan memiliki rencana berkeluarga yang tidak murah, biaya sekolah anak yang terus melambung tinggi.

Solusi dari ini adalah dengan investasi.  Aku memilih menyisihkan beberapa persen pendapatanku buat investasi saham untuk mempersiapkan masa depan ku dan segala sesuatu yang tidak tahu pasti akan bagaimana kedepannya. Ketidakpastian di masa depan membuatku harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, salah satunya investasi saham sejak dini. Tau ngga? Saham jika diinvestasikan untuk jangka panjang, hasilnya akan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Sulit ga sih investasi/nabung saham? Inilah pertanyaan yang sering sekali ada di pikiran orang - orang, karena aku, yang termasuk anak-anak millennial, menginginkan segala sesuatu yang praktis. Nah, investasi/nabung saham sekarang tidak seperti jaman dulu yang beli saham dalam bentuk sertifikat lembaran. Sekarang, investasi/nabung saham bisa dilakukan menggunakan smartphone melalui aplikasi online trading milik Perusahaan Sekuritas. Aku pakai online trading milik PT Danareksa Sekuritas, aku pilih PT Danareksa Sekuritas karena salah satu anak perusahaan BUMN jadi lebih aman ya guys, selain itu aplikasi nya user friendly yang namanya D’one Next-G yang bisa kamu download di Apps Store atau Play Store. Tapi jangan lupa, buka rekening saham dulu ya di PT Danareksa Sekuritas, bukan di BEI.

Untuk beli saham caranya mudah, setelah buka rekening saham di PT Danareksa Sekuritas, nanti kita akan dapat ID dan password untuk login ke D’ONE. Setelah login, kalian bisa membeli saham untuk investasi semudah belanja online. Kalian bisa memilih beberapa saham untuk investasi. Seperti aku, setelah diskusi dengan PT Danareksa Sekuritas, aku pun memilih saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR). Kenapa Unilever? Produk-produk Unilever paling banyak ditemui di sekitar kita, secara tidak sadar dari kita bangun tidur hingga tidur lagi, kita tidak lepas dari produk-produk Unilever. Saham- saham yang menarik perhatian aku selain Unilever adalah saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Astra Internasional Tbk (ASII), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), dan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP).

Sekarang saatnya anak muda untuk sadar pentingnya investasi saham jangan hanya memikirkan belanja apa hari ini, tetapi mereka harus mulai memikirkan rencana di masa depan. Karena hidup tidak untuk hari ini saja. Aku sudah investasi saham? kamu kapan?

Tunggu apalagi, Yuk Nabung Saham atau Investasi Saham dari sekarang. Informasi mengenai saham, bisa kalian dapatkan semuanya di website BEI www.idx.co.id atau http://yuknabungsaham.idx.co.id/ atau follow Instagram @indonesiastockexchange dan di website PT Danareksa Sekuritas http://dmia.danareksaonline.com/ atau follow Instagram @danareksaonline.

VOTE INVESTORY JASMINE NADIKO DI SINI*

*jika tidak muncul pop up voting, artinya kamu sudah pernah melakukan voting
RELATED STORIES