INSPIRASI INVESTASI

INVESTORY – Dwi Handayani

“Investasi atau nabung saham itu sangatlah mudah dan merupakan investasi yang sangat menjanjikan baik untuk jangka pendek dan jangka panjang” – Dwi Handayani @dwihandaanda

Dulu aku suka bingung, kenapa Ibuku suka banget beli emas, sampai kadang saya berpikir “apakah cuma hobi?” namun anehnya emas-emas yang dibelinya tersebut jarang banget dipakai, kalau seandainya dipakaipun hanya sedikit dari yang ia punya, itupun dipakai kalau dia mau mendatangi suatu acara penting seperti undangan pernikahan. Karena aku masih kecil, aku hanya bisa bertanya-tanya di dalam hati.

Suatu hari keluarga aku pernah berada di masa yang sulit, bahkan aku terkena musibah banjir yang luar biasa hebatnya. Semua buku – buku sekolahku basah terendam banjir, aku sedih sekali. Baju seragamku yang seharusnya dipakai esok hari juga ikut basah terendam banjir. Akhirnya ibuku coba untuk menjemur baju tersebut, dan ternyata yang lebih menyedihkannya lagi baju seragam yang sudah di jemur oleh ibuku di curi orang! Ya Allah dulu itu terasa sekali sedihnya sampai aku hanya bisa menangis. Tapi kalau sekarang di ingat-ingat aku suka tertawa sendiri, karena itu seperti hal yang tidak lazim aja. Akhirnya aku ingat sekali betapa malunya aku pada saat aku datang kesekolah hanya mengenakan pakaian biasa karena memang aku tidak punya pakaian lain lagi untuk dikenakan.

Aku bukanlah orang yang berasal dari keluarga yang berada, dengan adanya musibah banjir saat itu benar-benar memukul perekonomian keluargaku. Namun di saat yang sulit itu tiba-tiba ibuku bisa terlihat tetap tegar. Sesampainya di rumah aku pun cukup terkaget karena Ibuku sudah membelikan seragam dan baju baru untuk aku dan juga kakakku. Aku cukup bingung dan terheran-heran darimana Ibuku mendapat uang untuk membeli semua itu. Dan ternyata Ibuku menjual semua perhiasan emasnya yang Ia punya.

Pada waktu itu, aku masih menginjak bangku Sekolah Dasar, jadi aku hanya bisa senang dan tidak mengerti dengan apa yang terjadi. Yang aku pikirkan hanyalah yang penting aku bisa sekolah dengan tenang lagi. Padahal yang sudah dilakukan oleh Ibuku adalah dia telah melakukan investasi berupa emas dan manfaatnya bisa benar-benar terasa pada saat itu karena uang yang ia dapat pada saat menjual emasnya pada waktu itu lebih besar daripada pada saat ia membelinya. Yah walaupun jumlahnya memang tidak terlalu besar juga. Dan saya pun baru terpikir sekarang ini, betapa baiknya dia yang lebih mengutamakan kepentingan anak-anaknya dibandingkan kepentingan dia, karena yang saya ketahui sekarang, uang hasil penjualan emas tersebut hampir sebagian besar digunakan untuk keperluan sekolah aku dan kakakku. Terima Kasih banyak Ibu!

Aku baru menyadari ini pada saat aku sudah duduk di bangku kuliah, betapa pentingnya investasi yang kadang diabaikan oleh anak – anak muda jaman sekarang. Mungkin kalau seandainya aku tidak mendapat pengalaman yang seperti aku jelaskan sebelumnya, aku pun juga akan berpikiran yang sama dan mengatakan “ngapain sih investasi”.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan aku sudah bisa menghasilkan uang sendiri, aku mulai sadar untuk investasi dan mencoba untuk berinvestasi dengan membeli emas. Karena selain untuk investasi, emas juga bisa digunakan sebagai aksesori yang berkesinambungan dengan pekerjaanku sebagai fashion blogger. Namun beberapa waktu yang lalu, suamiku mengajak aku untuk berinvestasi dengan cara lain, yakni “investasi saham”. Saya kaget, mendengar kalimat “saham” saja sudah berasa berat banget! Dan akhirnya suamiku, M. Putra Setia, menjelaskan kalau sekarang investasi atau nabung saham itu sangatlah mudah dan merupakan investasi yang sangat menjanjikan baik untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Akhirnya aku dan suamiku ingin menambah pengetahuan tentang investasi/nabung saham dan memutuskan untuk berkunjung ke Bursa Efek Indonesia, di BEI ada Sekolah Pasar Modal yang bisa diikuti oleh siapapun untuk belajar investasi saham, ada kelas online nya juga ternyata. Dari sinilah “mata” ku akhirnya terbuka dan akupun ingin segera melakukan investasi/nabung saham tersebut.

Aku dan suamiku lebih memilih untuk nabung saham berjangka panjang karena banyak banget pengalaman dari orang-orang yang nabung saham di suatu perusahaan dan saham tersebut nilainya menjadi berkali-kali lipat di beberapa tahun setelahnya, padahal nilainya bisa terbilang kecil loh. Nah dari sini lah aku memilih PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) sebagai perusahaan yang aku beli sebagian kecil sahamnya. Wuih terdengar sangat keren ya, “aku beli saham Unilever”! tapi memang hal tersebut merupakan suatu kenyataan, aku sekarang ini resmi sebagai salah satu pemilik perusahaan Unilever loh! Bahkan apabila ada rapat pemilik saham, aku bisa ikut datang. Padahal nilai saham yang aku masukan ke dalam perusahaan tersebut tidak besar.

Tapi aku yakin, perusahaan seperti Unilever yang memang menghasilkan produk – produk yang sangat berguna bagi masyarakat, terutama Indonesia, kedepannya perusahaan ini akan terus menjadi bertambah besar dan nilai saham yang aku miliki bisa bertambah dan kelak bisa berguna di masa depan nanti, baik untuk aku, ataupun anak – anak ku kelak.

Investasi atau nabung saham itu sangatlah mudah, tinggal buka handphone, buka applikasi Online Trading nya terus beli sahamnya. Oh iya, aplikasi online trading yang aku gunakan namanya Simas Mobile, Online Trading Apps milik PT Sinarmas Sekuritas. Alasan aku memilih Sinarmas Sekuritas dikarenakan pembukaan rekeningnya yang cepat dan informasi-informasi terkini mengenai market yang dikirimkan melalui aplikasi dan email.

Buat teman-teman yang ingin investasi saham, jangan lupa buka rekening nya dulu di Sinarmas Sekuritas ya. Sekarang aku sudah jadi Investor Saham? Kamu mau jadi Investor Saham juga? Yuk Nabung atau Investasi Saham.

Untuk informasi mengenai saham, kalian bisa mengunjungi website BEI www.idx.co.id atau http://yuknabungsaham.idx.co.id/ atau follow Instagram @indonesiastockexchange dan kunjungi website Sinarmas Sekuritas di www.sinarmassekuritas.co.id.

VOTE INVESTORY DWI HANDAYANI DI SINI*

*jika tidak muncul pop up voting, artinya kamu sudah pernah melakukan voting

RELATED STORIES