INSPIRASI INVESTASI

INVESTORY - Annov Hari Prabowo

"Kalau engga mulai investasi saham dari sekarang, kapan lagi gue bisa menjamin masa depan gue sendiri?" - Annov Hari Prabowo @annovhariprabowo

“Terdengar awam dikalangan millennials”. Itu adalah reaksi gue waktu 6 (enam) tahun yang lalu mendengar kata investasi dan nabung saham. Sebagai anak muda yang aware tentang masa depan diri sendiri, gue selalu ingin untuk merencanakan hal-hal yang mungkin akan gue hadapi di kemudian hari. Orang tua selalu mengajarkan gue menyisihkan uang untuk ditabung guna keperluan yang tidak terduga, maupun keperluan rutin lainnya.

Pertanyaannya, apakah itu sudah cukup?. Semenjak tahun 2016, gue mulai tergugah untuk mempelajari mengenai investasi. Hal itu tumbuh setelah gue melihat sebuah papan iklan (Billboard) yang mengajak anak muda untuk nabung saham. Ditambah lagi dengan ajakan dari Presiden kita Bapak Jokowi disalah satu pidatonya mengenai investasi di televisi. Berbekal sedikit ilmu yang gue dapatkan selama menempuh pendidikan S1 Hukum, gue mencoba untuk mempelajari investasi. Hal tersebut berlanjut pada saat gue melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 sekarang.

Namun hal tersebut gue rasa belum cukup, karena engga ada orang yang mendampingi gue untuk mempelajari itu, sampai akhirnya gue kenal dengan teman-teman yang bekerja langsung di PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Disinilah titik dimana pemikiran gue terbuka lebih luas lagi. Pada saat itu lo tau hidup bukanlah untuk hari ini saja, tetapi hidup juga untuk besok hari, dan hidup untuk lima sampai sepuluh tahun kedepan. Belum lagi adanya inflasi tiap tahunnya, yang menuntut kita untuk bekerja lebih giat lagi dan itupun belum cukup.

Saat ini BEI datang dengan program “Yuk Nabung Saham (YNS)”, yaitu kampanye yang diselenggarakan oleh BEI untuk mengajak masyarakat berinvestasi di pasar modal dengan membeli Saham secara rutin dan berkala. Mungkin mendengar kata “Saham” yang terpikir oleh kita yaitu sulit, menghabisakan banyak waktu, uang dan tidak mengerti. Tetapi tidak seperti itu adanya, setelah gue memahami dan belajar oleh teman-teman dari BEI, ternyata investasi saham itu sesimpel lo jual beli online. Asalkan ada niat yang tinggi, pasti bisa.

Contohnya sekarang, gue yang lagi menempuh kuliah S2, dan sejalan dengan itu keseharian gue sebagai social media influencer, dituntut harus dapat merencanakan keuangan yang baik. Ditambah lagi sekarang gue lagi mempersiapkan pernikahan dengan Annissa Soebandono. Kalau engga mulai investasi saham dari sekarang, kapan lagi gue bisa menjamin masa depan gue sendiri.

Gue sendiri memilih berinvestasi saham untuk jangka panjang. Beberapa manfaat dari investasi saham jangka panjang itu seperti Capital Gain, Pembagian Dividen, Dividen Tunai, Saham Bonus dan lainnya. Untuk memudahkan kalian yang bingung mau membeli saham apa, caranya muda banget. Pilihlah saham dari perusahaan yang kalian kenal dimasyarakat, yang memiliki impact besar, dan digunakan atau dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Ya, semuanya ada disekeliling kita sebenarnya, seperti perusahaan produsen mobil, PT Astra International Tbk. (ASII). Perusahaan yang menyediakan produk konsumen yang digunakan banyak orang sampai saat ini juga sahamnya bisa dibeli, yaitu PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR). Disektor perbankan ada PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), Bank BRI Tbk. (BBRI). Dibidang telekomunikasi ada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM), dan masih banyak lagi perusahaaan yang bisa kalian pilih untuk investasi saham.

Rencanain masa depan kalian dari sekarang, mungkin dengan menyisihkan sedikit dari penghasilan kalian, mulai dari 5%, 10%, 20%, atau lebih, senyaman kalian saja. Mungkin saat ini kelihatannya engga penting, tapi sedikit demi sedikit, dengan investasi saham, kita sudah menjamin masa depan kita nanti.

Sekarang, gue investasi saham pakai Simas Mobile, Online Trading Apps milik PT Sinarmas Sekuritas. Proses Pembukaan rekeningnya cepat dan selalu memberikan inforasi-informasi market setiap hari melalui aplikasi dan email, alasan ini yang membuat saya memilih membuka rekening saham di Sinarmas Sekuritas. Seperti yang gue bilang tadi, investasi saham itu simple kok, sesimpel lo jual beli online tapi menggunakan Online Trading lewat smartphone. Buka rekening saham dulu di Sinarmas Sekuritas, minta ID dan password nya, lalu transaksi lewat Simas Mobile. Oh ya online Trading di Sinarmas Sekuritas bukan hanya di mobile saja tapi juga bisa di gunakan melalui web base dan PC atau Laptop. Gue sudah investasi saham, kalau kalian?

Tunggu apalagi guys, Yuk Nabung Saham atau Investasi Saham dari sekarang, untuk informasi mengenai saham, bisa kalian dapatkan semuanya di website BEI www.idx.co.id atau http://yuknabungsaham.idx.co.id/ atau follow Instagram @indonesiastockexchange dan kunjungi www.sinarmassekuritas.co.id untuk informasi mengenai Sinarmas Sekuritas.

VOTE INVESTORY ANNOV HARI PRABOWO DI SINI*

*jika tidak muncul pop up voting, artinya kamu sudah pernah melakukan voting
RELATED STORIES