Capital Market Research Report Competition & Bootcamp

TENTANG LOMBA

Dalam rangka memperingati 42 Tahun diaktifkannya kembali pasar modal, Panitia HUT PM ke-42 yang terdiri dari perwakilan OJK dan SRO menyelenggarakan lomba karya tulis pasar modal. Lomba karya tulis ini terbagi dalam 2 (dua) kategori yaitu Research Report dan Capital Market Essay. Pada kegiatan ini Panitia HUT PM ke-42 bekerjasama dengan Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) dan CSA Institute yang juga berperan sebagai Dewan Juri dan memberikan kontribusi untuk penyelenggaraan Capital Market Boot Camp bagi para finalis.

Tujuan dari Capital Market Boot Camp yang merupakan added value dari kegiatan lomba ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif dalam melakukan analisa dan valuasi saham serta financial modelling, dilengkapi dengan company visit pada perusahaan tercatat. Kegiatan edukasi di bootcamp dilakukan oleh para senior analis yang tergabung di AAEI.

TENTANG PRODUK PASAR MODAL

Dari beragam produk pasar modal di Indonesia, ada 3 (tiga) produk pasar modal yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia khususnya investor pasar modal, yaitu:

  1. Saham

Saham merupakan bukti kepemilikan seseorang atau institusi atas sebuah perusahaan. Dalam UU Perseroan Terbatas (PT) disebutkan bahwa perusahaan yang berbentuk PT modalnya terbagi atas saham, sehingga ketika kita membeli saham perusahaan, maka secara resmi kita telah menjadi pemilik perusahaan. Namun dalam memilih saham yang diperdagangkan di BEI (Bursa Efek Indonesia) yang telah tercatat saat ini lebih dari 650 emiten, tentu tidak mudah dalam menentukan saham mana yang layak investasi dan memberikan keuntungan bagi pemiliknya, sehingga dalam memilih instrumen investasi saham, seseorang perlu mempelajari atau menganalisa lebih tajam sesuai dengan kebutuhan investasinya.

  1. Obligasi

Obligasi merupakan bukti pinjaman sejumlah dana tertentu yang dilakukan oleh perusahaan penerbit kepada pemilik dana yang akan dipergunakan untuk kepentingan perusahaan dengan melakukan janji akan melunasi pada waktu dan nilai tertentu (imbal hasil) kepada pemilik dana. Ada beberapa jenis obligasi, namun sebagian besar dikategorikan sebagai obligasi corporate dan obligasi pemerintah. Dalam melakukan investasi biasanya investor akan melakukan pendekatan merujuk pada rating perusahaan yang menerbitkan obligasi, kegunaan dana serta return investasi yang akan diterima. Untuk hal ini investor juga membutuhkan kajian investasi di obligasi. Analisa obligasi dilakukan agar perusahaan tidak melakukan pembelian pada obligasi yang memiliki risiko default atau gagal bayar.

  1. Reksadana
Reksadana adalah kumpulan portfolio investasi yang dikelola oleh seorang Manajer Investasi yang memiliki kecakapan dalam melakukan analisa dan pengelolaan portfolio. Reksadana umumnya dibagi dalam beberapa kategori sesuai dengan produk yang dikelola, yaitu Reksadana Saham, Reksadana Campuran, Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Pasar Uang, namun demikian reksadana terus tumbuh dan berkembang seperti Reksana Penempatan Terbatas, Reksadana Terstruktur, maupun reksadana lainnya yang memberikan pilihan alternatif berinvestasi sangat beragam. Dalam melakukan pembelian reksadana yang dianggap mampu memberikan return yang diharapkan tentu investor membutuhkan kajian analisa yang baik agar mampu memiliki reksadana untuk dimasukkan kedalam keranjang investasinya.
Karena 3 (tiga) instrumen ini masing masing memiliki kriteria investasi yang beragam, kajian yang berbeda, serta adanya kecenderungan perbedaan dari sisi investor, maka dipandang perlu untuk dilakukan analisa untuk melihat produk mana yang memberikan peluang investasi di pasar modal yang paling sesuai dengan tujuan investasinya. Untuk itu, diselenggarakannya lomba atas berbagai produk ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik lagi kepada pelaku pasar sekaligus menumbuhkan kemampuan bakat dan minat individu yang tertarik dalam melakukan analisa produk investasi di Pasar Modal Indonesia.

TUJUAN KOMPETISI RESEARCH REPORT

Memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan calon praktisi di Pasar Modal, untuk melakukan Analisa dan Valuasi atas pilihan instrumen Saham, Obligasi, Reksadana.

TEMA RESEARCH REPORT

  1. Melakukan Analisa dan Valuasi serta Rekomendasi Saham Pilihan Peserta
  2. Melakukan Analisa dan Valuasi serta Rekomendasi Obligasi Pilihan Peserta
  3. Melakukan Analisa dan Valuasi serta Rekomendasi Reksadana Pilihan Peserta

JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN

Registrasi & Penyampaian Karya 5 Juli s.d 14 Agustus 2019
Pengumuman 10 Finalis Terbaik 15 Agustus 2019
Bootcamp & Penjurian Tahap 1 19 s.d 21 Agustus 2019
Grand Final 22 Agustus 2019
Pengumuman Pemenang & Penyerahan Hadiah 23 Agustus 2019

CARA PENILAIAN

AAEI dan CSA Institute, bekerja sama dengan akademisi, SRO dan OJK membentuk tim juri yang akan menyaring setiap laporan riset yang masuk.

  1. Kriteria Penilaian Karya
    • Tampilan 20 %
    • Isi dan Analisa 40 %
    • Financial Modeling 20 %
    • Daftar Lampiran 20 %
  2. Kriteria Penilaian Presentasi Finalis
    • Presentasi 40 %
    • Menjawab pertanyaan 30 %
    • Financial Modeling 15 %
    • Subtansi paper 15 %

SYARAT & KETENTUAN PESERTA

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Mahasiswa minimal D3.
  3. Melampirkan KTP dan Kartu Tanda Mahasiswa.
  4. Berdomisili di wilayah Indonesia.
  5. Memiliki pengetahuan dan wawasan di bidang pasar modal.
  6. Satu tim terdiri dari maksimal 2 orang mahasiswa (1 tim mengirimkan 1 paper).
  7. Panitia akan memilih 10 Research Report terbaik untuk mengikuti bootcamp dan grand final di Jakarta pada 19-22 Agustus 2019.
  8. Penyerahan hadiah pemenang akan diumumkan pada tanggal 23 Agustus 2019 pada acara Capital Market Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta.
  9. Keputusan Panitia dan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  10. Jika di kemudian hari ditemukan kecurangan atau pelanggaran terhadap salah satu peraturan atau syarat & ketentuan lomba ini, Panitia berhak membatalkan kemenangan pemenang yang sudah diumumkan dan pemenang yang dibatalkan kemenangannya tersebut wajib mengembalikan seluruh hadiah lomba dalam keadaan utuh seperti kondisi saat diterima.
  11. OJK, SRO dan AAEI berhak menggunakan Research Paper terbaik yang telah dikirimkan oleh seluruh peserta untuk kegiatan edukasi, publikasi dan keperluan lainnya tanpa memberikan kompensasi apapun kepada peserta dengan hak cipta dan hak milik Research Paper tersebut tetap dipegang oleh Tim peserta. Dalam hal ini, karya haruslah orisinil dan belum pernah dipublikasikan pada kompetisi lain, media cetak, dan media online. Jika karya tersebut terkait suatu hak cipta atau hak lainnya, maka pemenang menjamin dan memastikan bahwa OJK, SRO dan AAEI bebas dari segala tuntutan apapun dari pihak manapun dan segala bentuk kewajiban yang timbul akan menjadi tanggung jawab peserta atau penulis.

PENDAFTARAN

  1. Peserta melakukan pendaftaran melalui Google Form http://bit.ly/registrasi-research-report-competition
  2. Peserta wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- per tim ke rekening Bank Mandiri No. 102.000.64388.13 an. PT. Citra Sukses Analis. Bukti transfer diupload di formulir pendaftaran pada proses registrasi.
  3. Panitia melakukan verifikasi atas pembayaran peserta.
  4. Panitia mengirimkan Role & Regulation melalui email ke peserta.

ISI REPORT

PENGIRIMAN RESEARCH REPORT

  1. Pengiriman karya Research Report ke alamat email event@aaei.or.id dalam bentuk word dan excel serta power point.
  2. Subject email dan nama File pengiriman diberi judul yang sama yaitu: Contoh file : ResearchPaper_CSAInstitute.
  3. Email berisi informasi sebagai beriku:
    • Pilihan Kategori Research Report
    • Nama
    • HP
    • Email
    • Lampiran ID KTP atau KTM
    • Link google drive/drop box.

HADIAH PEMENANG

JUARA UANG TUNAI TABUNGAN SAHAM KOMPETENSI
Juara I Kunjungan ke Stock Exchange di Asia, termasuk city tour dan uang saku

Untuk setiap anggota tim:

Pelatihan RSA senilai
@Rp6. 000.000,-

Uji Kompetensi senilai
@Rp 1.500.000,-

Juara II Rp 6.500.000,- Rp1.000.000,-
Juara III Rp 4.000.000,- Rp1.000.000,-
Juara Harapan I
Rp2.000.000,- Rp1.000.000,-
Juara Harapan II
Rp1.000.000,- Rp1.000.000,-

CONTACT PERSON

Email : event@aaei.or.id
Alamat : PT Bursa Efek Indonesia, Gedung Bursa Efek Indonesia, Tower 1, Lantai 4, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan 12190