INVESTOON 2019

Tentang Lomba

Dalam rangka memperingati 42 Tahun diaktifkannya kembali pasar modal, OJK dan SRO  menyelenggarakan Lomba Karya Kartun Pasar Modal yang merupakan rangkaian kegiatan HUT Pasar Modal ke-42, Lomba Karya Kartun Pasar Modal ini kami kemas dengan nama “Investoon” yang merupakan gabungan kata “Investasi” dan “Cartoon” yang secara ringkas menggambarkan lomba investasi (di pasar modal) dalam bentuk kartun.

Tentang Pasar Modal

Saham merupakan bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan. Dalam UU Perseroan Terbatas (PT) disebutkan bahwa perusahaan yang berbentuk PT modalnya terbagi atas saham, sehingga ketika kita membeli saham perusahaan, maka secara resmi kita telah menjadi pemilik perusahaan dengan berbagai hak kita atas perusahaan tersebut, seperti hak suara dalam RUPS perusahaan, pembagian laba perusahaan (Deviden) dan lainnya sesuai dengan persentase kepemilikan saham kita.

Sebuah stigma mulai berkembang dimasyarakat, “Jika kita tidak memiliki dana yang cukup untuk membuat perusahaan sendiri, maka dengan dana yang terbatas kita bisa menjadi pemilik perusahaan dengan membeli sahamnya”. Harga saham minimal Rp 50 dan minimum pembelian setidaknya 100 lembar (1 lot) maka ini berarti bahwa dengan dana Rp 5.000 kita dapat menjadi pemilik perusahaan, sedangkan untuk membangun perusahaan kita membutuhkan dana yang jauh lebih besar dari itu.

Saat ini saham telah menjadi salah satu alternatif investasi yang diminati oleh kalangan millenial. Dengan anggapan memiliki perusahaan di usia muda menjadi suatu hal yang keren, disertai dengan kemudahaan transaksi secara digital, minimum pembukaan account yang terjangkau (mulai Rp  100.000), serta diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menjadikan saham sebagai alternatif investasi yang diminati oleh banyak masyarakat.

Investasi saham kerap menjadi pertanyaan bagi masyarakat muslim. Apakah berinvestasi di pasar modal, seperti membeli saham, obligasi atau reksa dana, dibenarkan secara syariah atau tidak? Jawabannya, berinvestasi di pasar modal sesuai dengan prinsip syariah. DSN-MUI merupakan  lembaga yang berwenang mengeluarkan fatwa terkait keuangan syariah di Indonesia, ada 4 (empat) fatwa yang telah dikeluarkan terkait dengan pasar modal Indonesia.

Dengan pertumbuhan minat investasi saham, ternyata beberapa kali nama “Saham” dicatut dalam penawaran investasi bodong. Meski sudah berkali-kali diberantas, investasi bodong atau penipuan terus muncul. Meski begitu sebenarnya investasi bodong dapat dikenali. Sebelum melaksanakan keputusan investasi, lakukan analisa sederhana. Jika investasi yang ditawarkan tak bisa dianalisa perkembangannya apalagi sumbernya tak masuk akal maka patut dicurigai. Investasi bodong juga kebanyakan menawarkan imbal hasil yang tidak masuk akal. Lalu biasanya investasi dengan metode atau skemanya tidak jelas dan tidak ada regulator yang menaungi.

Jadi, lebih baik investasi yang sudah jelas legalitasnya, diantaranya adalah investasi saham.

Tema Karya Kartun

No Tema Kode Tema Kartun
1 Menurut kamu Saham itu apa? 01
2 Apa pengalamanmu saat berinvestasi saham? 02
3 Dunia saham itu seperti apa sih? 03
4 Bagaimana caramu merencanakan keuangan? 04
5 Menurutmu menabung saham itu perlu? 05
6 Investasi saham itu halal, Benarkah? 06
7 Investor itu keren, benar tidak? 07
8 Apa saja produk di sekitar kita yang sahamnya bisa kita miliki? 08
9 Apa saja keinginanmu di masa depan dan bagaimana mencapainya? 09
10 Kira-kita akan sejahterakah masa tua mu nanti ? 10

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

Registrasi Penjurian Pengumuman
  • Registrasi dan Penyampaian karya
    (1 Juli - 5 Agustus 2019)
  • Workshop di Semarang
    (6 Juli 2019)*
  • Workshop di Bandung
    (13 Juli 2019)*
  • Workshop di Jakarta
    (20 Juli 2019)*
  • Pemilihan 30 terbaik oleh
    Juri (6 - 9 Agustus 2019)
  • Posting di Media Sosial
    IDX (10 - 21 Agustus 2019)
  • Penghitungan like terbanyak
    (22 - 23 Agustus 2019)
  • Capital Market Summit
    & Expo 2019
  • Pengumuman Pemenang
    (24 Agustus 2019)

Syarat & Ketentuan Lomba

  1. Lomba terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia dan tidak dipungut biaya umum.
  2. Kategori yang dilombakan: Kartun Editorial.
  3. Peserta yang berhak mengikuti adalah peserta yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku dan dapat diperlihatkan kepada panitia untuk verifikasi jika peserta sebagai pemenang.

Persyaratan Karya Kartun

  1. Peserta boleh mensubmit sebanyak-banyaknya (maksimal 2 karya/tema).
  2. Hasil kartun yang dikirim merupakan karya asli peserta dan belum pernah dipublikasikan dalam media cetak atau media online
  3. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta atau pemenang yang dianggap melanggar ketentuan kompetisi tanpa perlu menyertakan alasan apapun
  4. OJK dan SRO memiliki hak penuh atas penggunaan karya peserta untuk kepentingan OJK dan SRO.

Persyaratan Pengiriman Karya Kartun

  1. Ukuran karya berukuran A3 (30x40), 300dpi dan maksimum ukuran file 5MB
  2. Hasil kartun yang dilombakan harus dalam bentuk JPEG
  3. Hasil karya kartun yang di lombakan dikirim ke email investoon@idx.co.id (Google Drive atau Drop Box), karya yang dikompetisikan juga dapat dikirim dalam bentuk CD/ flashdisk yang ditujukan pada : Panitia Investoon – PT Bursa Efek Indonesia, Gedung Bursa Efek Indonesia, Tower 1, Lantai 4, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190.
  4. File karya kartun diberi judul : NamaPeserta_TemaKartun

   Contoh file : Luli_01

  1. Karya kartun diterima selambat-lambatnya tanggal 5 Agustus 2019 (berwarna/ hitam dan putih), pukul 24:00WIB
  2. Hasil karya kartun yang tidak sesuai dianggap gugur.
  3. Panitia akan memilih 30 terbaik untuk di-posting di medsos BEI dalam periode 10 – 21 Agustus 2019 untuk memberi kesempatan pemilihan karya dengan like
  4. Penyerahan hadiah pemenang akan diumumkan pada tanggal 24 Agustus 2019 pada event Capital Market Summit & Expo 2019.
  5. Keputusan Panitia dan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  6. Jika di kemudian hari ditemukan kecurangan atau pelanggaran terhadap salah satu peraturan atau syarat & ketentuan lomba ini, panitia berhak membatalkan kemenangan pemenang yang sudah diumumkan dan pemenang yang dibatalkan kemenangannya tersebut wajib mengembalikan seluruh hadiah lomba dalam keadaan utuh seperti kondisi saat diterima.
  7. OJK dan SRO berhak menggunakan hasil karya kartun yang telah dikirimkan oleh seluruh peserta untuk kegiatan promosi, publikasi dan keperluan lainnya tanpa memberikan kompensasi apapun kepada peserta dengan hak cipta dan hak milik kartun tersebut tetap dipegang oleh pemilik karya kartun. Dalam hal ini, karya kartun haruslah bebas dari paten, hak cipta atau ikatan hak lainnya dan jika karya kartun tersebut terkait suatu hak cipta atau hak lainnya, maka pemenang menjamin dan memastikan bahwa OJK dan SRO, bebas dari segala tuntutan apapun dari pihak manapun dan segala bentuk kewajiban yang timbul akan menjadi tanggung jawab pemilik karya kartun.

Contoh Pengiriman Format Karya Kartun

  1. Pilihan Kategori Tema Kartun :
  2. Nama :
  3. HP :
  4. Email :
  5. Lampiran ID : KTP/ KTM
  6. Lampiran : link google drive/drip box (dengan nama file di bawah ini)

 Catatan :  Email idxinvestoon tidak dapat menerima attachment dengan kapasitas lebih dari 2MB

Hadiah Pemenang Lomba

Juara

Uang Tunai

Tabungan Saham

Juara I Rp10.000.000,- Rp1.000.000,-
Juara II Rp7.500.000,- Rp1.000.000,-
Juara III Rp5.000.000,- Rp1.000.000,-
Juara Harapan I Rp3.000.000,- Rp1.000.000,-
Juara Harapan II Rp2.000.000,- Rp1.000.000,-

Contact Person

Email : investoon@idx.co.id
Alamat : PT Bursa Efek Indonesia, Gedung Bursa Efek Indonesia, Tower 1, Lantai 4, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan 12190

Media Partner